Kamis, 19 Mei 2011

Matikan Lampu Sebelum Tidur !!!


Pasti temen-temen terheran-heran dengan judul saya. kenapa kok kita harus mematikan lampu ya kalo tidur ??? nah, pertanyaan itu akan dijawab dalam tulisan saya kali ini. Mungkin dari kalian ada yang belum tau tentang akibat dari tidur dengan nyala lampu.

Selama ini mungkin temen2 selalu mengabaikan hal-hal kecil seperti mematikan lampu sebelum tidur. Mungkin ada beberapa temen2 yang berpikir, aq kuat bayar listrik kok... knapa harus ku matikan??, ini bukan tentang penghematan listrik. akan tetapi berhubungan dengan kualitas tidur dan kesehatan. Tahukah kalian bahwa ada hormon di dalam tubuh yang sangat penting dan bekerja saat kita tidur? coba cari di mbah google... hormon apakah itu??

Penelitian yang dilakukan di sebuah universitas di Inggris telah membuktikan bahwa tidur dengan nyala lampu akan menghambat sistem imunitas dalam tubuh. Jadi, singkatnya, orang yang tidur dengan menyalakan lampu akan lebih besar resikonya terkena penyakit, dari pada yang tidak menyalakan lampu. kok bisa??? awalnya saya juga berpikir ini tidak rasional. akan tetapi, setelah memebaca artikel, saya menjadi tahu kenapa bisa begitu.

Hormon Melatonin

Ternyata di dalam tubuh kita terdapat hormon "melatonin" hormon ini dihasilkan oleh kelenjar pineal (berbentuk kerucut) di otak..Nah hormon ini mengatur regulasi sebagaian besar siklus hormon di dalam tubuh dan ritme keseharian tubuh terutama siklus 24 ja tidur dan bangun kita..
Nah, produksi hormon melationin yang banyak (cukup) pada waktu malam hari akan membantu proses tidur.. peningkatan jumlah hormon yang diekskresi ni dapat dibantu dengan mematikan lampu, sedangkan bila lampu tetap menyala maka kadar melatonin menurun dan makanya kita susah tidur..

letak kelenjar pineal, penghasil hormon melatonin :


Jadi, mulai sekarang, tingkatkan kualitas tidur anda...

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar